Smartphones Pixel 6 akan didukung chip terbaru 'Whitechapel' buatan Google



Apa kabar pecinta Gadget, kali ini Google yang akan datang untuk musim semi ini, termasuk Pixel 6 yang diperkirakan, akan menjadi salah satu perangkat pertama yang menjalankan chip Whitechapel “GS101”.

Selama pendapatan musim gugur yang lalu, CEO Google Sundar Pichai menggoda "beberapa investasi yang lebih dalam dalam perangkat keras" dan bahwa ada "peta jalan yang luar biasa ke depan" pada tahun 2021. Banyak yang menafsirkan bahwa sebagai konfirmasi bahwa Google akan mengembangkan prosesor mereka sendiri, sebuah upaya dengan nama sandi "WhiteChapel."

Pertama kali dikabarkan pada awal tahun 2020, Whitechapel adalah harapan Google untuk membuat sistem mereka sendiri pada sebuah chip (SoC) untuk digunakan di ponsel Pixel dan Chromebook, mirip dengan cara Apple menggunakan chip mereka sendiri di iPhone dan Mac. Google dikatakan sedang mengembangkan Whitechapel dengan Samsung, yang chip Exynos-nya menyaingi prosesor Snapdragon di ruang Android.

Berdasarkan laporan itu, Google akan siap meluncurkan perangkat dengan chip Whitechapel paling cepat pada tahun 2021. Menurut dokumentasi yang dilihat oleh 9to5Google, ponsel Pixel musim gugur ini memang akan didukung oleh platform Whitechapel Google.

Dalam dokumen tersebut, Whitechapel digunakan sehubungan dengan nama kode "Slider" - referensi yang juga kami temukan di aplikasi Google Kamera. Dari apa yang dapat kami kumpulkan, kami percaya bahwa Slider adalah platform bersama untuk Whitechapel SoC pertama. Secara internal, Google menyebut chip ini sebagai "GS101", dengan "GS" yang berpotensi menjadi singkatan dari "Google Silicon".

Melihat proyek lain yang terhubung ke "Slider," kami menemukan nama kode juga terhubung langsung ke Samsung, termasuk referensi ke Samsung Exynos. Dari referensi tersebut, tampaknya Whitechapel sedang dikembangkan dengan divisi integrasi skala besar (SLSI) sistem Semikonduktor Samsung, yang berarti chip Google akan memiliki beberapa kesamaan dengan Samsung Exynos, termasuk komponen perangkat lunak.

Ponsel pertama yang dibuat dengan platform "Slider" ini adalah "Raven" dan "Oriole", dua nama kode Pixel yang kami bocorkan tahun lalu. Kami melaporkan bahwa kedua ponsel tersebut akan dirilis berdampingan pada musim gugur ini, mungkin sebagai Pixel 6 dan ponsel yang diharapkan tidak disebut "Pixel 5a 5G".

Secara keseluruhan, ponsel Made by Google musim gugur ini tidak akan menggunakan chip yang dibuat oleh Qualcomm, tetapi akan dibangun di atas platform perangkat keras Whitechapel milik Google dengan bantuan dari Samsung.


Dylan Roussel dan Abner Li berkontribusi untuk artikel ini